URAIAN TUGAS JABATAN PIMPINAN TINGGI, ADMINISTRATOR DAN PENGAWAS PADA DINAS DAERAH

DISDIKBUD KAB. KARANGANYAR

    KEPALA DINAS

    1. Merumuskan program kegiatan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan sumber data yang tersedia sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan.
    2. Mengarahkan tugas bawahan sesuai bidang tugasnya baik secara lisan maupun tertulis guna kelancaran pelaksanaan tugas.
    3. Melaksanakan koordinasi dengan instansi terkait baik secara langsung maupun tidak langsung untuk mendapatkan masukan, informasi serta untuk mengevaluasi permasalahan agar diperoleh hasil kerja yang optimal.
    4. Merumuskan kebijakan urusan pemerintahan bidang pendidikan dan bidang kebudayaan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
    5. Mengoordinasikan dan memfasilitasi kegiatan urusan pemerintahan bidang pendidikan dan bidang kebudayaan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    6. Melaksanakan pembinaan teknis pelaksanaan urusan pemerintahan bidang pendidikan dan bidang kebudayaan
    7. Melaksanakan administrasi penyelenggaraan urusan pemerintahan bidang pendidikan dan bidang kebudayaan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    8. Melaksanakan pemantauan, evaluasi dan pelaporan kegiatan urusan pemerintahan bidang pendidikan dan bidang kebudayaan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    9. Melaksanakan pemantauan dan evaluasi tugas bawahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    10. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan secara lisan maupun tertulis sebagai masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas dan.
    11. Melaksanakan tugas lain sesuai dengan tugas dan fungsinya.

    Sekretaris

    1. Menyusun program kegiatan Sekretariat berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan.
    2. Menyusun rumusan kebijakan teknis kesekretariatan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    3. Menjabarkan perintah atasan melalui pengkajian permasalahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    4. Membagi tugas dan memberikan arahan kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya guna meningkatkan kelancaran pelaksanaan tugas.
    5. Melaksanakan koordinasi dengan Kepala Bidang agar diperoleh hasil kerja yang optimal.
    6. Melaksanakan pengoordinasian dan penyusunan rencana dan program kerja.
    7. Melaksanakan pembinaan administrasi yang meliputi ketatausahaan, kepegawaian, hukum, organisasi, ketatalaksanaan, keuangan, kerumahtanggaan, kerja sama, hubungan masyarakat, keprotokolan, arsip dan dokumentasi.
    8. Melaksanakan pemberian dukungan administrasi ketatausahaan, kepegawaian, hukum, organisasi, ketatalaksanaan keuangan, kerumahtanggaan, kerja sama, hubungan masyarakat, keprotokolan, arsip dan dokumentasi.
    9. Melaksanakan pengoordinasian pelaksanaan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP).
    10. Melaksanakan penyelenggaraan pengelolaan barang milik/ kekayaan daerah dan pelayanan pengadaan barang/jasa.
    11. Melaksanakan pemantauan, evaluasi dan pelaporan kegiatan kesekretariatan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    12. Melaksanakan pemantauan dan evaluasi tugas bawahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    13. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan secara lisan maupun tertulis sebagai masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas dan
    14. Melaksanakan tugas lain sesuai dengan tugas dan fungsinya.

    Kepala Sub Bagian Perencanaan
    1. Menyusun rencana kegiatan Sub Bagian Perencanaan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    2. Menjabarkan perintah atasan melalui pengkajian permasalahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    3. Membagi tugas dan memberikan arahan kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya guna meningkatkan kelancaran pelaksanaan tugas.
    4. Melaksanakan koordinasi dengan kepala Sub Bagian dan Kepala Seksi agar diperoleh hasil kerja yang optimal.
    5. Melaksanakan kegiatan Sub Bagian Perencanaan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    6. Menyiapkan konsep naskah dinas bidang perencanaan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    7. Menyiapkan bahan penyusunan rencana Kegiatan dan Anggaran (RKA)/ Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) atau Dokumen Pelaksanaan Perubahan Anggaran (DPPA) sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    8. Menghimpun, meneliti dan mengkoreksi bahan usulan program kegiatan dan laporan kegiatan yang masuk dari masing-masing Bidang, Seksi dan Sub Bagian sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    9. Menyiapkan bahan penyusunan satuan biaya, petunjuk operasional kegiatan dan revisi anggaran.
    10. Menyiapkan bahan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) Dinas, Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ), Laporan Penyelenggraaan Pemerintah Daerah (LPPD) dan laporan sejenisnya.
    11. Menyiapkan bahan penyusunan informasi dan kehumasan.
    12. Melaksanakan pemantauan, evaluasi dan pelaporan kegiatan Sub Bagian Perencanaan.
    13. Melaksanakan pemantauan dan evaluasi tugas bawahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku;.
    14. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan secara lisan maupun tertulis sebagai masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas dan
    15. Melaksanakan tugas lain sesuai dengan tugas dan fungsinya.

    Kepala Sub Bagian Keuangan
    1. Menyusun rencana kegiatan Sub Bagian Keuangan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    2. Menjabarkan perintah atasan melalui pengkajian permasalahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    3. Membagi tugas dan memberikan arahan kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya guna meningkatkan kelancaran pelaksanaan tugas.
    4. Melaksanakan koordinasi dengan Kepala Sub Bagian dan Kepala Seksi agar diperoleh hasil kerja yang optimal.
    5. Melaksanakan kegiatan Sub Bagian Keuangan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    6. Menyiapkan konsep naskah dinas bidang keuangan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    7. Menyiapkan bahan proses pencairan.
    8. Melaksanakan administrasi keuangan.
    9. Melaksanakan urusan akuntansi dan verifikasi keuangan.
    10. Melakukan urusan perbendaharaan.
    11. Menyiapkan bahan penyusunan pertanggungjawaban dan dokumen keuangan.
    12. Menyiapkan bahan penyusunan laporan keuangan.
    13. Menyiapkan bahan pemantauan tindak lanjut laporan hasil pengawasan dan penyelesaian tuntutan perbendaharaan dan ganti rugi.
    14. Menyiapkan bahan penyusunan kebutuhan barang dan rencana pemeliharaan barang.
    15. Menyiapkan bahan penatausahaan dan inventarisasi barang.
    16. Menyiapkan bahan administrasi pengadaan, penyaluran dan Pemindahtangananan barang milik Daerah.
    17. Melaksanakan pemantauan, evaluasi dan pelaporan kegiatan Sub Bagian Keuangan.
    18. Melaksanakan pemantauan dan evaluasi tugas bawahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    19. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan secara lisan maupun tertulis sebagai masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas dan
    20. Melaksanakan tugas lain sesuai dengan tugas dan fungsinya.

    Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian
    1. Menyusun rencana kegiatan Sub Bagian Umum dan Kepegawaian sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    2. Menjabarkan perintah atasan melalui pengkajian permasalahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    3. Membagi tugas dan memberikan arahan kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya guna meningkatkan kelancaran pelaksanaan tugas.
    4. Melaksanakan koordinasi dengan Kepala Sub Bagian dan Kepala Seksi agar diperoleh hasil kerja yang optimal.
    5. Melaksanakan kegiatan Sub Bagian Umum dan Kepegawaian sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    6. Menyiapkan konsep naskah dinas bidang umum dan kepegawaian sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    7. Memberikan pelayanan urusan administrasi umum, pengurusan rumah tangga, perlengkapan, dokumentasi, perpustakaan dan kearsipan, serta pengelolaan administrasi kepegawaian.
    8. Menyiapkan bahan penyusunan rencana kebutuhan dan pengembangan pegawai.
    9. Menyiapkan bahan pemrosesan mutasi, tanda jasa, kenaikan pangkat, pemberhentian dan pensiun pegawai.
    10. Melaksanakan ketatausahaan kepegawaian, disiplin pegawai dan evaluasi kinerja pegawai.
    11. Melaksanakan kegiatan kerumahtanggaan, keamanan dan kebersihan.
    12. Menyiapkan bahan telaahan hukum, organisasi dan ketatalaksanaan.
    13. Menyiapkan bahan kerja sama dan keprotokolan.
    14. Melaksanakan pemantauan, evaluasi dan pelaporan kegiatan Sub Bagian Umum dan Kepegawaian.
    15. Melaksanakan pemantauan dan evaluasi tugas bawahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    16. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan secara lisan maupun tertulis sebagai masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas dan
    17. Melaksanakan tugas lain sesuai dengan tugas dan fungsinya.

    Kepala Bidang Pendidikan Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat

    1. Menyusun program kegiatan Bidang Pendidikan Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan.
    2. Menyusun bahan perumusan kebijakan teknis bidang Pendidikan Usia Dini, Pendidikan Masyarakat dan sarana prasarananya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    3. Menjabarkan perintah atasan melalui pengkajian permasalahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    4. Membagi tugas dan memberikan arahan kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya guna meningkatkan kelancaran pelaksanaan tugas.
    5. Melaksanakan koordinasi dengan Sekretaris dan Kepala Bidang agar diperoleh hasil kerja yang optimal.
    6. Merumuskan kebutuhan sarana prasarana bidang Pendidikan Anak Usia Dini, Non Formal, Informal dan Pendidikan Masyarakat.
    7. Melaksanakan, mengevaluasi dan mengendalikan pelaksanaan pembinaan dan pengembangan bidang Pendidikan Anak Usia Dini, Non Formal, Informal dan Pendidikan Masyarakat.
    8. Mendorong terselenggaranya kegiatan kelompok minat bidang Pendidikan Anak Usia Dini, Non Formal, Informal dan Pendidikan Masyarakat.
    9. Memelihara dan meningkatkan kerja sama dengan instansi terkait dalam pengembangan bidang Pendidikan Anak Usia Dini, Non Formal, Informal dan Pendidikan Masyarakat Yang Dilaksanakan Oleh Masyarakat.
    10. Merumuskan usulan bantuan bagi kegiatan di bidang Pendidikan Anak Usia Dini, Non Formal, Informal dan Pendidikan Masyarakat.
    11. Melaksanakan pemantauan, evaluasi dan pelaporan kegiatan Bidang Pendidikan Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    12. Melaksanakan pemantauan dan evaluasi tugas bawahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    13. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan secara lisan maupun tertulis sebagai masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas dan
    14. Melaksanakan tugas lain sesuai dengan tugas dan fungsinya.

    Kepala Seksi Pendidikan Anak Usia Dini
    1. Menyusun rencana kegiatan Seksi Pendidikan Anak Usia Dini sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    2. Menjabarkan perintah atasan melalui pengkajian permasalahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    3. Membagi tugas dan memberikan arahan kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya guna meningkatkan kelancaran pelaksanaan tugas.
    4. Melaksanakan koordinasi dengan Kepala Sub Bagian dan Kepala Seksi agar diperoleh hasil kerja yang optimal.
    5. Menyebarluaskan petunjuk pelaksanaan pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).
    6. Menyusun rencana daya tampung dan pelaksanaan penerimaan peserta didik baru serta mutasi peserta didik pada PAUD sesuai pedoman yang berlaku.
    7. Merencanakan dan mengembangkan kurikulum muatan lokal PAUD berdasarkan pedoman yang telah ditetapkan Pemerintah.
    8. Menyusun dan mengembangkan perangkat pembelajaran dan evaluasi sesuai dengan pedoman yang berlaku.
    9. Merencanakan dan melaksanakan kalender pendidikan PAUD.
    10. Menyiapkan bahan usulan pendirian, penghapusan dan penggabungan (Regrouping) PAUD.
    11. Menyiapkan bahan rekomendasi satuan PAUD yang akan diakreditasi.
    12. Merencanakan dan melaksanakan program kerja sama PAUD dengan lembaga lain baik dalam negeri/luar negeri.
    13. Menyiapkan bahan pembinaan dan pemantauan kinerja guru/kepala, pengawas dan penilik sesuai peraturan yang berlaku.
    14. Merencanakan, melaksanakan, mengembangkan dan evaluasi upaya peningkatan mutu PAUD.
    15. Melakukan pendataan peserta didik dan lembaga PAUD beserta infrastrukturnya.
    16. Menyiapkan kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Kelompok Kerja Kepala Taman Kanak-Kanak (KKTK).
    17. Membuat laporan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai dasar pengambilan kebijakan.
    18. Melaksanakan pemantauan, evaluasi dan pelaporan kegiatan Seksi Pendidikan Anak Usia Dini.
    19. Melaksanakan pemantauan dan evaluasi tugas bawahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    20. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan secara lisan maupun tertulis sebagai masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas dan
    21. Melaksanakan tugas lain sesuai dengan tugas dan fungsinya.

    Kepala Seksi Pendidikan Masyarakat
    1. Menyusun rencana kegiatan Seksi Pendidikan Masyarakat sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    2. Menjabarkan perintah atasan melalui pengkajian permasalahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    3. Membagi tugas dan memberikan arahan kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya guna meningkatkan kelancaran pelaksanaan tugas.
    4. Melaksanakan koordinasi dengan Kepala Sub Bagian dan Kepala Seksi agar diperoleh hasil kerja yang optimal.
    5. Menyusun rencana kerjasama dengan organisasi/badan/ lembaga yang melaksananakan kegiatan bidang pendidikan masyarakat.
    6. Memproses izin pendirian dan melakukan inventarisasi organisasi/ badan/lembaga yang melaksanakan kegiatan bidang pendidikan masyarakat.
    7. Menyebarluaskan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis program pendidikan masyarakat.
    8. Menyebarluaskan kurikulum pendidikan masyarakat.
    9. Menyiapkan bahan pengembangan dan pengendalian kegiatan pendidikan masyarakat.
    10. Membuat laporan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai dasar pengambilan kebijakan.
    11. Melaksanakan pemantauan, evaluasi dan pelaporan kegiatan Seksi Pendidikan Masyarakat.
    12. Melaksanakan pemantauan dan evaluasi tugas bawahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    13. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan secara lisan maupun tertulis sebagai masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas dan
    14. Melaksanakan tugas lain sesuai dengan tugas dan fungsinya.

    Kepala Seksi Sarana Prasarana
    1. Menyusun rencana kegiatan Seksi Sarana Prasarana sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    2. Menjabarkan perintah atasan melalui pengkajian permasalahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    3. Membagi tugas dan memberikan arahan kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya guna meningkatkan kelancaran pelaksanaan tugas.
    4. Melaksanakan koordinasi dengan Kepala Sub Bagian dan Kepala Seksi agar diperoleh hasil kerja yang optimal.
    5. Menyiapkan rencana kebutuhan sarana dan prasarana pendidikan anak usia dini dan pendidikan masyarakat.
    6. Menyebarluaskan pedoman dan petunjuk penggunaan dan pemeliharaan sarana pendidikan anak usia dini dan pendidikan masyarakat.
    7. Menyiapkan bahan penilaian terhadap kualitas dan kuantitas sarana pendidikan anak usia dini, dan pendidikan masyarakat.
    8. Melaksanakan bimbingan penggunaan sarana dan prasarana pendidikan anak usia dini, non formal dan informal.
    9. Menginventarisasi dan mendokumentasikan sarana dan prasarana pendidikan anak usia dini dan pendidikan masyarakat.
    10. Menganalisis kebutuhan, pemeliharaan dan rehabilitasi sarana dan prasarana pendidikan anak usia dini, dan pendidikan masyarakat.
    11. Membuat laporan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai dasar pengambilan kebijakan.
    12. Melaksanakan pemantauan, evaluasi dan pelaporan kegiatan Seksi Sarana Prasarana.
    13. Melaksanakan pemantauan dan evaluasi tugas bawahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku;.
    14. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan secara lisan maupun tertulis sebagai masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas dan
    15. Melaksanakan tugas lain sesuai dengan tugas dan fungsinya.

    Kepala Bidang Pendidikan Dasar

    1. Menyusun program kegiatan Bidang Pendidikan Dasar berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan.
    2. Menyusun bahan perumusan kebijakan teknis bidang pendidikan dasar dan sarana prasarana pendidikan dasar sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    3. Menjabarkan perintah atasan melalui pengkajian permasalahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    4. Membagi tugas dan memberikan arahan kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya guna meningkatkan kelancaran pelaksanaan tugas.
    5. Melaksanakan koordinasi dengan Sekretaris dan Kepala Bidang agar diperoleh hasil kerja yang optimal.
    6. Merumuskan petunjuk pelaksanaan pengelolaan Pendidikan Dasar.
    7. Merumuskan Kurikulum Muatan Lokal Pendidikan Dasar.
    8. Memantau dan mengevaluasi Kurikulum berdasarkan pedoman yang telah ditetapkan Pemerintah.
    9. Mengembangkan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Siswa atas dasar Standar Minimal Kompetensi yang ditetapkan pemerintah pada Pendidikan Dasar.
    10. Mengendalikan dan mengevaluasi pengelolaan Pendidikan Dasar.
    11. Merencanakan dan melaksanakan evaluasi belajar pada Pendidikan Dasar sesuai dengan pedoman yang berlaku.
    12. Merencanakan dan melaksanakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), dan mutasi siswa pada Pendidikan Dasar sesuai dengan pedoman yang berlaku.
    13. Merencanakan, melaksanakan, mengendalikan kegiatan kesiswaan Pendidikan Dasar.
    14. Merencanakan dan melaksanakan Kalender Pendidikan pada Pendidikan Dasar.
    15. Merencanakan dan mengembangkan sarana prasarana Pendidikan Dasar.
    16. Mengusulkan pemberian bantuan pada Pendidikan Dasar.
    17. Melaksanakan pemetaan akreditasi sekolah.
    18. Mengkoordinasikan pelaksanaan pemantauan dan evaluasi kinerja Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Pendidikan Dasar.
    19. Merencanakan, melaksanakan dan mengembangkan program kerja sama di bidang pendidikan dasar dengan lembaga lain baik dalam negeri/luar negeri.
    20. Merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pengelolaan Pendidikan Dasar.
    21. Merencanakan, melaksanakan, mengembangkan dan evaluasi upaya peningkatan mutu Pendidikan Dasar.
    22. Mengkoordinasikan kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG), Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS), Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS).
    23. Melaksanakan pemantauan, evaluasi dan pelaporan kegiatan Bidang Pendidikan Dasar sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    24. Melaksanakan pemantauan dan evaluasi tugas bawahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    25. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan secara lisan maupun tertulis sebagai masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas dan
    26. Melaksanakan tugas lain sesuai dengan tugas dan fungsinya.

    Kepala Seksi Pendidikan Dasar
    1. Menyusun rencana kegiatan Seksi Pendidikan Dasar sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    2. Menjabarkan perintah atasan melalui pengkajian permasalahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    3. Membagi tugas dan memberikan arahan kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya guna meningkatkan kelancaran pelaksanaan tugas.
    4. Melaksanakan koordinasi dengan Kepala Sub Bagian dan Kepala Seksi agar diperoleh hasil kerja yang optimal.
    5. Menyiapkan petunjuk pelaksanaan pengelolaan Sekolah Dasar.
    6. Menyiapkan bahan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengembangan kurikulum muatan lokal berdasarkan pedoman yang telah ditetapkan pemerintah.
    7. Melaksanakan kurikulum berdasarkan pedoman yang telah ditetapkan Pemerintah.
    8. Menyiapkan bahan pengembangan Standar Kompetensi Dasar Siswa atas dasar Kompetensi Minimal yang ditetapkan pemerintah pada Sekolah Dasar.
    9. Menyiapkan bahan koordinasi pelaksanaan pemantauan dan evaluasi kinerja Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah Dasar.
    10. Menyiapkan bahan perencanaan dan pelaksanaan penilaian Tes Kemampuan Dasar, Ulangan Akhir Semester/Ulangan Kenaikan Kelas dan Ujian Sekolah/Nasional sesuai dengan pedoman/ peraturan yang berlaku.
    11. Menyiapkan bahan penyusunan Kalender Pendidikan pada Sekolah Dasar.
    12. Memproses izin pendirian, penggabungan (regrouping), alih fungsi dan penghapusan Sekolah Dasar.
    13. Menyiapkan usulan pemberian bantuan pada Sekolah Dasar.
    14. Menyiapkan bahan pemetaan akreditasi sekolah.
    15. Menyiapkan bahan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pengelolaan Sekolah Dasar.
    16. Menyiapkan bahan perencanaan, pelaksanaan, pengembangan dan evaluasi peningkatan mutu pendidikan Sekolah Dasar.
    17. Menyiapkan kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS).
    18. Melaksanakan pemantauan, evaluasi dan menilai prestasi kerja pelaksanaan tugas bawahan secara berkala melalui sistem penilaian yang tersedia sebagai cerminan penampilan kerja.
    19. Menyiapkan rencana daya tampung siswa Sekolah Dasar.
    20. Menyiapkan bahan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan kesiswaan Sekolah Dasar.
    21. Menyiapkan bahan pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), mutasi siswa pada Sekolah Dasar sesuai dengan pedoman/peraturan yang berlaku.
    22. Membuat laporan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai dasar pengambilan kebijakan.
    23. Melaksanakan pemantauan, evaluasi dan pelaporan kegiatan Seksi Pendidikan Dasar.
    24. Melaksanakan pemantauan dan evaluasi tugas bawahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    25. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan secara lisan maupun tertulis sebagai masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas dan
    26. Melaksanakan tugas lain sesuai dengan tugas dan fungsinya.

    Kepala Seksi Sekolah Menengah Pertama
    1. Menyusun rencana kegiatan Seksi Sekolah Menengah Pertama sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    2. Menjabarkan perintah atasan melalui pengkajian permasalahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    3. Membagi tugas dan memberikan arahan kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya guna meningkatkan kelancaran pelaksanaan tugas.
    4. Melaksanakan koordinasi dengan Kepala Sub Bagian dan Kepala Seksi agar diperoleh hasil kerja yang optimal.
    5. Menyiapkan petunjuk pelaksanaan pengelolaan Sekolah Menengah Pertama.
    6. Menyiapkan bahan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengembangan kurikulum muatan lokal berdasarkan pedoman yang telah ditetapkan Pemerintah.
    7. Melaksanakan kurikulum berdasarkan pedoman yang telah ditetapkan Pemerintah.
    8. Menyiapkan bahan koordinasi pelaksanaan pemantauan dan evaluasi kinerja Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah Menengah Pertama.
    9. Memantau dan mengevaluasi penilaian Ulangan Akhir Semester/ Ulangan Kenaikan Kelas dan Ujian Sekolah.
    10. Menyiapkan bahan koordinasi pelaksanaan Ujian Nasional sesuai dengan pedoman yang berlaku pada Sekolah Menengah Pertama.
    11. Menyiapkan bahan penyusunan Kalender Pendidikan pada Sekolah Menengah Pertama.
    12. Memproses izin pendirian, penggabungan (Regrouping), alih fungsi dan penghapusan Sekolah Menengah Pertama.
    13. Menyiapkan usulan pemberian bantuan pada Sekolah Menengah Pertama.
    14. Menyiapkan bahan pemetaan akreditasi sekolah.
    15. Menyiapkan kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Sekolah Menengah Pertama.
    16. Menyiapkan bahan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pengelolaan Sekolah Menengah Pertama.
    17. Menyiapkan bahan perencanaan, pelaksanaan, pengembangan dan evaluasi peningkatan mutu Pendidikan SMP.
    18. Menyiapkan rencana daya tampung siswa SMP.
    19. Menyiapkan bahan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan kesiswaan SMP.
    20. Menyiapkan bahan pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), mutasi siswa pada SMP sesuai dengan pedoman/peraturan yang berlaku.
    21. Membuat laporan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai dasar pengambilan kebijakan.
    22. Melaksanakan pemantauan, evaluasi dan pelaporan kegiatan Seksi Sekolah Menengah Pertama.
    23. Melaksanakan pemantauan dan evaluasi tugas bawahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    24. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan secara lisan maupun tertulis sebagai masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas dan.
    25. Melaksanakan tugas lain sesuai dengan tugas dan fungsinya.

    Kepala Seksi Sarana Prasarana
    1. Menyusun rencana kegiatan Seksi Sarana Prasarana sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    2. Menjabarkan perintah atasan melalui pengkajian permasalahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    3. Membagi tugas dan memberikan arahan kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya guna meningkatkan kelancaran pelaksanaan tugas.
    4. Melaksanakan koordinasi dengan Kepala Sub Bagian dan Kepala Seksi agar diperoleh hasil kerja yang optimal.
    5. Menyiapkan rencana kebutuhan sarana dan prasarana Pendidikan Dasar.
    6. Menyebarluaskan pedoman dan petunjuk penggunaan dan pemeliharaan sarana Pendidikan Dasar.
    7. Menyiapkan bahan penilaian terhadap kualitas dan kuantitas sarana Pendidikan Dasar.
    8. Melaksanakan bimbingan penggunaan sarana dan prasarana Pendidikan Dasar.
    9. Menginventarisasi dan mendokumentasikan sarana dan prasarana Pendidikan Dasar.
    10. Menganalisis kebutuhan, pemeliharaan dan rehabilitasi sarana dan prasarana Pendidikan Dasar.
    11. Membuat laporan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai dasar pengambilan kebijakan.
    12. Melaksanakan pemantauan, evaluasi dan pelaporan kegiatan Seksi Sarana Prasarana.
    13. Melaksanakan pemantauan dan evaluasi tugas bawahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    14. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan secara lisan maupun tertulis sebagai masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas dan
    15. Melaksanakan tugas lain sesuai dengan tugas dan fungsinya.

    Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan dan Kesiswaan

    1. Menyusun program kegiatan Bidang Pembinaan Ketenagaan dan Kesiswaan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan.
    2. Menyusun bahan perumusan kebijakan teknis bidang Pembinaan Ketenagaan dan Kesiswaan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    3. Menjabarkan perintah atasan melalui pengkajian permasalahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    4. Membagi tugas dan memberikan arahan kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya guna meningkatkan kelancaran pelaksanaan tugas.
    5. Melaksanakan koordinasi dengan Sekretaris dan Kepala Bidang agar diperoleh hasil kerja yang optimal.
    6. Merumuskan kebutuhan pendidik dan tenaga kependidikan.
    7. Mengusulkan mutasi dan pemerataan pendidik dan tenaga kependidikan.
    8. Memantau pelaksanaan peningkatan mutu dan penilaian angka kredit jabatan guru dan tenaga kependidikan.
    9. Mengusulkan pengangkatan kepala sekolah.
    10. Melaksanakan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah.
    11. Melaksanakan pembinaan tugas sehari-hari pengawas Sekolah.
    12. Melaksanakan pelayanan kepegawaian pendidik, tenaga kependidikan dan tenaga teknis lainnya.
    13. Melaksanakan peningkatan kualifikasi pendidik, tenaga kependidikan dan tenaga teknis lainnya.
    14. Melaksanakan peningkatan kompetensi pendidik, tenaga kependidikan dan tenaga teknis lainnya.
    15. Mengusulkan pengembangan karier dan profesi Pendidik, Tenaga Kependidikan dan tenaga teknis lainnya.
    16. Melaksanakan pemantauan, evaluasi dan pelaporan kegiatan Bidang Pembinaan Ketenagaan dan Kesiswaan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    17. Melaksanakan pemantauan dan evaluasi tugas bawahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    18. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan secara lisan maupun tertulis sebagai masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas dan
    19. Melaksanakan tugas lain sesuai dengan tugas dan fungsinya.

    Kepala Seksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat
    1. Menyusun rencana kegiatan Seksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    2. Menjabarkan perintah atasan melalui pengkajian permasalahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    3. Membagi tugas dan memberikan arahan kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya guna meningkatkan kelancaran pelaksanaan tugas.
    4. Melaksanakan koordinasi dengan Kepala Sub Bagian dan Kepala Seksi agar diperoleh hasil kerja yang optimal.
    5. Menyiapkan bahan koordinasi pelaksanaan kegiatan Penilaian Angka Kredit (PAK) Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat.
    6. Menyiapkan bahan fasilitasi program sertifikasi pendidik Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat.
    7. Menyiapkan bahan pelaksanaan kegiatan seleksi Calon Kepala Sekolah serta Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat.
    8. Menyiapkan bahan usulan kebutuhan, pengangkatan, pemberhentian, penempatan dan pemerataan pendidik Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat.
    9. Memberikan pelayanan administrasi kepegawaian bagi pendidik Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat.
    10. Menyiapkan bahan pelaksanaan kegiatan pemetaan dan peningkatan kompetensi, peningkatan kualifikasi, pembinaan, pelatihan dan pengembangan profesi pendidik Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat.
    11. Membuat laporan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai dasar pengambilan kebijakan.
    12. Melaksanakan pemantauan, evaluasi dan pelaporan kegiatan Seksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat.
    13. Melaksanakan pemantauan dan evaluasi tugas bawahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    14. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan secara lisan maupun tertulis sebagai masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas dan
    15. Melaksanakan tugas lain sesuai dengan tugas dan fungsinya.

    Kepala Seksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dasar
    1. Menyusun rencana kegiatan Seksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dasar sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    2. Menjabarkan perintah atasan melalui pengkajian permasalahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    3. Membagi tugas dan memberikan arahan kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya guna meningkatkan kelancaran pelaksanaan tugas.
    4. Melaksanakan koordinasi dengan Kepala Sub Bagian dan Kepala Seksi agar diperoleh hasil kerja yang optimal.
    5. Menyiapkan bahan koordinasi pelaksanaan kegiatan Penilaian Angka Kredit (PAK) Pendidik (Guru) SD dan SMP.
    6. Menyiapkan bahan fasilitasi program sertifikasi Pendidik dan tenaga kependidikan SD dan SMP.
    7. Menyiapkan bahan pelaksanaan kegiatan seleksi Calon Kepala Sekolah serta Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) Pendidik dan Tenaga Kependidikan SMP.
    8. Menyiapkan bahan usulan kebutuhan, pengangkatan, pemberhentian, penempatan dan pemerataan Pendidik Tenaga Kependidikan SMP.
    9. Memberikan pelayanan administrasi kepegawaian bagi pendidik dan tenaga kependidikan SMP.
    10. Menyiapkan bahan pelaksanaan kegiatan pemetaan dan peningkatan kompetensi, peningkatan kualifikasi, pembinaan, pelatihan dan pengembangan profesi pendidik dan tenaga kependidikan SMP.
    11. Membuat laporan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai dasar pengambilan kebijakan.
    12. Melaksanakan pemantauan, evaluasi dan pelaporan kegiatan Seksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dasar.
    13. Melaksanakan pemantauan dan evaluasi tugas bawahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    14. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan secara lisan maupun tertulis sebagai masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas dan
    15. Melaksanakan tugas lain sesuai dengan tugas dan fungsinya.

    Kepala Seksi Pembinaan Kesiswaan
    1. Menyusun rencana kegiatan Seksi Pembinaan Kesiswaan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    2. Menjabarkan perintah atasan melalui pengkajian permasalahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    3. Membagi tugas dan memberikan arahan kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya guna meningkatkan kelancaran pelaksanaan tugas.
    4. Melaksanakan koordinasi dengan Kepala Sub Bagian dan Kepala Seksi agar diperoleh hasil kerja yang optimal.
    5. Menyiapkan pelaksanaan lomba-lomba pengembangan bakat dan kretifitas siswa Sekolah Dasar dan SMP.
    6. Menyiapkan bahan perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan pengembangan prestasi dan kompetensi siswa Sekolah Dasar dan SMP.
    7. Menyiapkan pelaksanaan pengembangan pembinaan budi pekerti luhur atau akhlak mulia.
    8. Menyiapkan pelaksanaan pengembangan pembinaan unggul wawasan kebangsaan dan bela negara.
    9. Menyiapkan pelaksanaan pengembangan pembinaan prestasi akademik, seni dan atau olahraga sesuai bakat dan minat.
    10. Menyiapkan pelaksanaan pengembangan pembinaan demokrasi, hak asasi manusia, pendidikan politik, lingkungan hidup, kepekaan dan toleransi sosial dalam konteks masyarakat plural.
    11. Menyiapkan pelaksanaan pengembangan pembinaan kreavitas, keterampilan dan kewirausahaan.
    12. Menyiapkan pelaksanaan pengembangan pembinaan kualitas jasmani, kesehatan dan gizi berbasis sumber gizi yang terdiversifikasi.
    13. Menyiapkan pelaksanaan pengembangan pembinaan sastra dan budaya.
    14. Menyiapkan pelaksanaan pengembangan pembinaan Teknologi Informasi dan Komunikasi ( TIK ).
    15. Menyiapkan pelaksnaan pengembangan pembinaan komunikasi dalam bahasa Inggris.
    16. Menyiapkan bahan perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan pengembangan prestasi dan kompetensi siswa Sekolah Dasar.
    17. Menyiapkan pelaksanaan pengiriman siswa sesuai bakat dan minat yang mengikuti kejuaraan antar daerah.
    18. Menyiapkan pelaksanaan pemberian reward bagi siswa berprestasi dan lulusan SMA/SMK yang melanjutkan ke Perguruan Tinggi.
    19. Membuat laporan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai dasar pengambilan kebijakan.
    20. Melaksanakan pemantauan, evaluasi dan pelaporan kegiatan Seksi Pembinaan Kesiswaan.
    21. Melaksanakan pemantauan dan evaluasi tugas bawahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    22. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan secara lisan maupun tertulis sebagai masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas dan
    23. Melaksanakan tugas lain sesuai dengan tugas dan fungsinya.

    Kepala Bidang Kebudayaan

    1. Menyusun program kegiatan Bidang Kebudayaan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan.
    2. Menyusun bahan perumusan kebijakan teknis bidang pengembangan budaya dan cagar budaya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    3. Menjabarkan perintah atasan melalui pengkajian permasalahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    4. Membagi tugas dan memberikan arahan kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya guna meningkatkan kelancaran pelaksanaan tugas.
    5. Melaksanakan koordinasi dengan Sekretaris dan Kepala Bidang agar diperoleh hasil kerja yang optimal.
    6. Menyusun bahan pengkajian dan kebutuhan tenaga teknis dan sarana prasarana bidang kebudayaan.
    7. Menyusun dan menyebarluaskan pedoman dan petunjuk penyelenggaraan pembinaan dan pengembangan kebudayaan.
    8. Memonitor pelaksanaan pembinaan dan pengembangan kebudayaan.
    9. Mengendalikan dan menilai pelaksanaan pembina dan pengembangan kebudayaan.
    10. Mengurus pelaksanaan kegiatan pembinaan dan pengembangan kebudayaan.
    11. Mendorong terselenggaranya kegiatan kelompok minat kebudayaan.
    12. Memelihara dan meningkatnya kerjasama dengan instansi terkait dan pengembangan kebudayaan.
    13. Mencatat dan mendokumentasikan berbagai kegiatan kebudayaan yang dilaksanakan oleh masayarakat.
    14. Melaksanakan pemantauan, evaluasi dan pelaporan kegiatan Bidang Kebudayaan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    15. Melaksanakan pemantauan dan evaluasi tugas bawahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    16. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan secara lisan maupun tertulis sebagai masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas dan.
    17. Melaksanakan tugas lain sesuai dengan tugas dan fungsinya.

    Kepala Seksi Pengembangan Budaya
    1. Menyusun rencana kegiatan Seksi Pengembangan Budaya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    2. Menjabarkan perintah atasan melalui pengkajian permasalahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    3. Membagi tugas dan memberikan arahan kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya guna meningkatkan kelancaran pelaksanaan tugas.
    4. Melaksanakan koordinasi dengan Kepala Sub Bagian dan Kepala Seksi agar diperoleh hasil kerja yang optimal.
    5. Mempersiapkan bimbingan penilaian kegiatan pembinaan pengembangan seni budaya.
    6. Mempersiapkan bimbingan pelaksanaan pengendalian terhadap kegiatan pembinaan dan pengembangan kesenian.
    7. Mempersiapkan dan mensosialisasikan pedoman dan petunjuk penyelengaraan kegiatan pengembangan seni budaya.
    8. Menyiapkan penyelenggaraan kegiatan seni budaya.
    9. Menyiapkan bahan kerjasama seni budaya.
    10. Melaksanakan inventarisasi lembaga dan instansi yang bergerak di bidang seni budaya.
    11. Mensosialisasikan pedoman dan petunjuk kepada kelompok fungsional / tenaga teknis seni budaya.
    12. Menyiapkan data seni budaya.
    13. Menyiapkan pengadaan tenaga teknis/pelaku seni budaya.
    14. Menyiapkan pengadaan sarana dan prasarana di bidang seni budaya.
    15. Memproses rekomendasi pendirian dan penghapusan sanggar/paguyuban seni budaya.
    16. Menyiapkan bahan rekomendasi izin pentas seni budaya antar daerah.
    17. Melaksanakan legalisasi karya seni tenaga teknis.
    18. Menyiapkan dan memfasilitasi kegiatan organisasi kesenian daerah.
    19. Melaksanakan kegiatan festival, parade, pekan seni dan pertunjukan seni antar daerah.
    20. Membuat laporan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai dasar pengambilan kebijakan.
    21. Melaksanakan pemantauan, evaluasi dan pelaporan kegiatan Seksi Pengembangan Budaya.
    22. Melaksanakan pemantauan dan evaluasi tugas bawahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    23. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan secara lisan maupun tertulis sebagai masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas dan
    24. Melaksanakan tugas lain sesuai dengan tugas dan fungsinya.

    Kepala Seksi Cagar Budaya
    1. Menyusun rencana kegiatan Seksi Cagar Budaya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    2. Menjabarkan perintah atasan melalui pengkajian permasalahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    3. Membagi tugas dan memberikan arahan kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya guna meningkatkan kelancaran pelaksanaan tugas.
    4. Melaksanakan koordinasi dengan Kepala Sub Bagian dan Kepala Seksi agar diperoleh hasil kerja yang optimal.
    5. Menyiapkan bahan penyusunan tim pelaksanaan pengembangan cagar budaya.
    6. Menyelenggarakan pembinaan pengembangan cagar budaya.
    7. Melaksanakan usaha peningkatan kerjasama dengan instansi terkait dalam perlindungan, pengembangan, pemanfaatan dan pelestarian cagar budaya.
    8. Melaksanakan inventarisasi lembaga yang bergerak di bidang cagar budaya.
    9. Memfasilitasi pelaksanaan kegiatan upacara adat.
    10. Mendokumentasikan dan mendata cagar budaya dalam masyarakat.
    11. Menyiapkan sarana prasarana cagar budaya dan seni budaya.
    12. Menyiapkan bahan fasilitasi kegiatan organisasi penghayat kepercayaan.
    13. Memfasilitasi kegiatan pelestarian bahasa jawa.
    14. Memfasilitasi kegiatan pelestarian desa dan rumah adat.
    15. Menyusun laporan seksi cagar budaya.
    16. Menyusun pengadaan tenaga teknis cagar budaya.
    17. Melaksanakan pemantauan, evaluasi dan pelaporan kegiatan Seksi Cagar Budaya.
    18. Melaksanakan pemantauan dan evaluasi tugas bawahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    19. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan secara lisan maupun tertulis sebagai masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas dan
    20. Melaksanakan tugas lain sesuai dengan tugas dan fungsinya.