PROSEDUR PENGADUAN

DISDIKBUD KAB. KARANGANYAR

  1. Layanan pengaduan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Karanganyar dilayani di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Jalan Lawu Komplek Perkantoran Cangakan di bawah Pemerintah Kabupaten Karanganyar.

  2. Laporan pengaduan ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, dapat disampaikan secara langsung datang ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan maupun tidak langsung melalui telepon/SMS/WA (081390586598), email, surat, faksimili, facebook, instagram maupun tweeter Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.
    (Unduh FORM PENGADUAN)

  3. Untuk pelapor pengaduan yang datang ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan harus mendaftarkan diri kepada petugas pelayanan tamu.

  4. Petugas pelayanan tamu memberikan Formulir Aduan untuk di isi dan mengarahkan untuk menuju tempat duduk tunggu yang sudah ditentukan.
    (Unduh FORM PENGADUAN)

  5. Petugas pelayanan tamu memanggil pengunjung sesuai dengan layanan yang diminta.

  6. Pelapor menuju meja pelayanan tamu menyerahkan Formulir Aduan yang sudah di isi lengkap.

  7. Pelapor harus menyampaikan laporan secara tertulis yang menyertakan:
    1. Formulir Pengaduan yang telah diisi lengkap;
    2. Identitas diri pelapor yang sah dan masih berlaku (KTP/SIM);
    3. Tempat dan waktu kejadian pelanggaran;
    4. Bentuk pelanggaran yang terjadi;
    5. Identitas pelaku pelanggaran;
    6. Bukti fisik pelanggaran;

  8. Laporan atau pengaduan tersebut ditelaah dan diklasifikasikan oleh petugas melalui tahapan sebagai berikut:
    1. Identifikasi masalah;
    2. Pemeriksaan substansi pengaduan;
    3. Klarifikasi;
    4. Evaluasi bukti; dan
    5. Seleksi.

  9. Laporan atau pengaduan yang telah memenuhi persyaratan, akan ditindaklanjuti ke Bidang/Subag terkait sesuai dengan jenis laporan dan pengaduannya.

  10. Bidang/Subag akan memproses dan melakukan investigasi lebih lanjut atas laporan dan pengaduan tersebut.

  11. Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 76 Tahun 2013 tentang Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik, jangka waktu penyelesaian pengaduan paling lambat 60 hari sejak berkas pengaduan dinyatakan lengkap.

  12. Identitas pelapor atau pengadu dijamin kerahasiaannya sesuai ketentuan perundang-undangan.

  13. Pelapor atau pengadu tidak di pungut biaya, namun jika ada dokumen yang harus di foto copy dan penggandaan CD dibebankan kepada pelapor atau pengadu.

  14. Prosedur permohonan informasi ini sewaktu-waktu bisa berubah sesuai dengan kondisi yang ada.